BELAJAR SEPANJANG HAYAT

Belajar bisa kapan dan di mana saja. Tidak hanya dibatasi oleh ruangan kelas yang formal, tapi bisa kapan dan di mana saja.Ya, long life education istilahnya.

Hisab Rukyat

HIsab Rukyat adalah perangkat yang digunakan dalam Islam untuk menentukan berbagai hal yang berkaitan dengan penetapan waktu. Baik waktu shalat, penentuan awal dan akhir bulan, gerhana, dan peristiwa astronomi lainnya.

GM3

Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji adalah pendulum waktu yang diperjuangkan Kementerian Agama, untuk mengajak, mendorong, dan menguatkan budaya mengaji dalam masyarakat.

Altruisme dan Filantrofi

Islam tidak hanya mengajarkan ibadah ritual yang hanya berputar di sekitar tempat ibadah. Namun, ajaran lain yang sama pentingnya adalah kepedulian sosial dengan sikap mendahulukan orang lain (altruis) dan menegakkan kepedulian pada orang lain (filantrofis).

TIDAK SEKEDAR SENIMAN

"Dengan seni hidup menjadi indah". Ya, inilah bentuk murunah-nya Islam. Seni dengan beragam jenisnya bisa menjadi washilah dakwah Islam.

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

POLA ORGANISASI

POLA ORGANISASI URUSAN AGAMA ISLAM KOTA BANDUNG
Operasionalisasi dan pelaksanaan program Seksi Urusan Agama Islam dewasa ini ditempuh sebagai upaya mempertegas pencapaian target pelaksanaan dari sebahagiaan tugas Departemen Agama Kota Bandung yang diarahkan kepada : peningkatan kualitas kerja, efesiensi dan efektifitas, pelayanan prima, penangan pelaku Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan evaluasi pelaksanaan Program Kerja tahun 2009.

Seksi Urusan Agama Islam dalam menjalankan tugas tidak lepas dari KMA No. 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi dan Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota yang telah diubah dengan Keputusan Menteri Agama No 480 Tahun 2003 dan PMA No. 3 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Agama. Dimana dalam peraturan tersebut Seksi Urusan Agama Islam berada dibawah koordinasi kepala seksi yang dalam prosesnya langsung bertanggungjawab kepada kelapa Kantor Departeman Agama kabupaten /kota. Selain itu Seksi Urusan Agama Islam memiliki garis koordinasi dengan Kepala Bidang Urusan Agama Islam di tingkat Kantor Wilayah.

Dalam melaksanakan tugas tersebur, Kepala Seksi dibantu oleh para pelaksana yang disesuaikan dengan kebutuhan KMA diatas, saat ini Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bandung dikelola oleh seorang kepala seksi dan 12 orang pelaksana. Selain itu kepala seksi juga membawahi 30 kepala KUA kecamatan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bandung.

0 komentar:


Tambahkan Komentar Baru

[+] Sertakan yahoo emoticon pada komentar Anda, dengan cara mengcopy paste kode yang ada disampingnya!